Memahami dan mengenal istilah-istilah dalam dunia SEO

loading...

Apa seo itu? SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization, dengan kata lain adalah pengoptimalan mesin pencari. Jadi SEO merupakan suatu cara, teknik, atau proses untuk mengoptimalkan atau menambah kualitas sebuah situs agar mendapat peringkat yang baik dalam search engine/ mesin mencari dengan istilah umum SERP atau Search Engine Results Page.


belajar seo cepat, pengertian seo, seo master, belajar seo dengan mudah
SEO
Pengaruh dari pengoptimasian SEO ini adalah meningkatnya traffic ke dalam sebuah situs maupun sebuah Blog.

Bagi seorang penulis atau publisher website atau blog, lalu-lalang atau traffic pengunjung yang datang ke dalam sebuah blog adalah hal yang terpenting dalam dunia blogging. Karena hidup matinya suatu blog atau situs akan bisa diketahui dengan mudah dengan banyaknya pengunjung yang datang setiap harinya kedalam sebuah situs tersebut. Bukan hanya itu saja semakin tingginya traffic dan back link tentunya membuka sebuah peluang yang sangat besar akan keterpentingannya situs tersebut. Dan otomatis hal ini yang diingin kan para semua publisher website maupun blog, karena sebuah situs atau blog akan menjadi mahal dengan adanya hal ini. Sebagai contohnya situs “KOMPAS” dan ”DETIK” terlebih-lebih “Google” dan “Yahoo” situs-situs tersebut sudah mempunyai PR atau Page Rank tinggi tentunya, dan berapakah harga yang ditawarkan hanya untuk satu iklan? Wah.. tentunya mahal sekali ya sob. He he…

Perlu kita ketahui bahwasanya pengguna internet seringkali menggunakan search engine atau mesin pencari misalnya Google, Bing, Yahoo, Amazon, eBay dan lain-lain hanya untuk menemukan apa yang mereka cari. Dan lagi mereka hanya lebih sering tertarik pada hasil yang telah ditemukan oleh search engine atau mesin pencari atau SERP Search Engine Results Page dari urutan baris 1-10 dan 10-20 saja dan biasanya hasil itu ditemukan hanya dalam page 1 dan 2 saja. Oleh sebab itu dengan langkah-langkah pengoptimalan tertentu dengan keyword-keyword yang bisa menaikan SERP suatu website atau blog di inginkan oleh semua webmaster dan blogger. Dari hal-hal itulah SEO lahir dalam perbincangan kita sehari-hari. Oleh sebab itu dalam dunia Webmaster dan Blogger SOE menjadi sebuah salah satu pelajaran yang wajib dikuasai tentunya.

Ditinjau dari segi kelasnya SEO dibagi menjadi dua yaitu:


On Page Optimization

Pada SEO kelas ini berisikan tentang teknik-teknik optimasi dengan mengoptimalkan dan memodifikasi bagan-bagan tertentu didalam web atau blog yang akan dioptimasi, sebagai contohnya:

  • Penggunaan dan pemilihan keyword yang tepat baik dalam frase maupun kata.
  • Penggunaan keyword yang berkorelasi dengan judul.
  • Penggunaan Symbol | dalam judul. 
  • Penggunaan Tag Header.
  • Keterkaitan dan kepadatan  keyword jelasnya bukan ”spam keyword”.
  • Keyword yang jelas baik diawal webpage dan akhir webpage.
  • Penggunaan additional informasi tag yang tepat pada image.
  • Dan Lain-lain.

Off Page Optimization 

Pada SEO yang satu ini pada dasarnya optimasi tidak dilakukan pada halaman website saja. Akan tetapi optimasi yang dilakukan dengan menentukan ranking sebuah situs dari situs lain atau alogaritma pencarian, misalnya:

  • Menggukan situs yang member link website sasaran.
  • Dihitung berapa situs yang telah member link kepada kita.
  • Page Rank situs yang member link.
  • Anchor text dalam link.
  • Marketing dilain sgitus e.g: Social Media.
  • Dan Lain-lain

Berikut istilah-istilah yang sering kita temui dalam SEO:


belajar dari awal tentang seo, seo awal, seo pemula, seo master, cara ampuh serp
Belajar SEO Pemula

Bagi seorang webmaster atau seorang blogger penting sekali mengetahui istilah-istilah berikut dalam pengoptimalan sebuah situs. Berikut saya hanya sedikit berbagi tentang pengalaman saya tentang SEO.

  • SERP adalah kepanjangan dari "Search Engine Result Page". Sobat bisa memahami dan mengerti apa SERP ini jika sobat mengetik keyword tertentu di search engine. Dan sobat akan bisa melihat hasilnya, jika hasil blog sobat berada di urutan pertama dengan menggunakan keyword yang sedikit atau phrase yang sering diketik orang maka blog sobat bisa muncul di atas sendiri, dipertimbangkan dari traffic dan Page Rank sobat juga. 
  • Meta Tags adalah Tag-tag tertentu yang memberikan informasi berhubungan dengan isi dari halaman website atau blog kepada search engine, kerap kali meta tag diletakkan di dalam head sebuah website atau blog.
  • Algoritma pencarian adalah suatu program system yang digunakan oleh search enginei untuk menempatkan suatu website dengan keyword tertentu.
  • Web Crawler adalah sebuah bot pencari atau spider, sejenis program yang mempunyai fungsi untuk mejelajah dan menelusuri web yang berada di internet. Sehingganya dapat menemukan link baru atau page baru. Seringkali kerja web crawler ini mengindex dan menyimpan didalam database.
  • Anchor Text adalah link-link pada halaman website yang me-link ke halaman lain. Tentunya setiap web page atau halaman website memiliki anchor text yang berbeda-beda.
  • Backlink adalah link yang anda dapatkan dari website lain yang menunjuk kembali ke website atau blog anda. Backlink sangat penting sekali dalam dunia SEO. Karena ini dapat mempengaruhi PR (Page Rank) suatu blog atau website dalam setiap halaman web untuk meningkatkan SERP.
  • Nofollow adalah atribut yang berguna untuk memberikan informasi ke search engine bahwasanya web kita tidak mendukung situs mereka terhubung ke web yang diberi backlink. Ketika search engine melihat kode ini maka serach engine tidak memasukkannya kedalam page ranknya.
  • Robots txt adalah sebuah alamat yang ditempatkan didalam root domain yang berguna untuk memberikan informasi bot searching atau pencarian. Sangat penting sekali didalam dunia seo.
  • PageRank adalah algoritma yang digunakan oleh search engine untuk menentukan posisi website pada hasil pencarian atau SERP. Semakin tinggi PR yang sobat miliki maka semakin baik pula reputasi web atau blog yang sobat miliki. Karena di anggap oleh search engine penting sekali.
  • Google Sandbox adalah suatu system yang berfungsi untuk memasukan suatu situs ke sandbox dan hasilnya situs yang dicari tidak diketemukan dalam search engine. Kita seharusnya berhati hati dalam menulis konten yang berada di dalam blog kita. Tidak memasukan porn atau sara, karena bisa saja website atau blog kita tidak diketemukan ketemu dalam search engine. 
  • Cloaking adalah sebuah teknik membuat halaman web yang sama tetapi menampilkan konten yang berbeda ke mesin pencari dan pengunjung. Teknik ini bertujuan untuk mendapatkan peringkat atau posisi tertinggi pada keyword tertuju. Namun, teknik ini dinyatakan salah dengan google dan dianggap spaming karena hasil atau resultnya tidak ada atau tidak sesuai dengan yang diinginkan oleh pengunjung. 

Video Tutorial SEO dan Pentingnya SEO:



Notice : Semua yang saya tulis berdasarkan pengalaman saya belajar optimasi seo. Dan tentunya masih banyak istilah lain dalam SEO. Mohon maaf jikalau dalam penulisan artikel saya ada yang salah atau kurang. Tentunya saya masih belajar kepada sobat-sobat yang sudah master didalam optimasi SEO. Saya mulai belajar mengenal SEO dari Abang saya Arif R di www.waroengseo.blogspot.com. Dan jika ada yang kurang atau salah mohon dibenarkan. Saya selalu terbuka kritik dan saran dari sobat. Sekali lagi terimakasih sobat-sobat blogger Indonesia sudah berkunjung ke www.kinghtmlcode.blospot.com

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Memahami dan mengenal istilah-istilah dalam dunia SEO